Cara Membuat Sepatu Jadi Anti Air dan Gampang Kering Saat Musim Hujan Datang!

Related image

Musim hujan selain membawa berkah juga terkadang buat masalah. Mulai dari pakaian dan aksesori yang kebasahan sampai yang dirasakan masalah kesehatan. Kelihatannya, kita perlu menyiapkan diri baik-baik agar semakin siap hadapi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini. Salah satu yang dirasakan yang dihadapi banyaknya orang yaitu sepatu yang basah kuyup karena kehujanan, hingga membuatnya jadi mudah rusak. Karenanya, perawatan pada sepatu penting untuk di perhatikan saat musim hujan. Agar sepatu yang kita gunakan tetaplah awet dan dapat dipakai dalam semua kesibukan. Berikut tips beberapa cara perawatan sepatu safety yang pas dipraktikkan saat musim hujan. Dapat buat anti air dan mudah kering, lho!

1. Buat Sepatu Jadi Anti Air

Masuk musim penghujan, kita sering direpotkan oleh sepatu yang basah kuyup karena kehujanan. Repotnya sekali lagi bila sepatu yang kebasahan yaitu sepatu yang memiliki bahan kanvas. Nah, kamu tidak perlu cemas sepatumu akan basah karena kehujanan, karena dengan lilin lebah kamu dapat buat sepatumu jadi tahan air.

Bahan yang perlu disediakan :

  • Sepatu kanvas yang akan jadikan anti air
  • Lilin lebah atau semir beeswax
  • Kain bersih
  • hair dryer

Langkah-langkahnya :

  1. Keringkan dan bersihkan sepatu terlebih dulu dengan kain.
  2. Lapisi sepatumu dengan lilin lebah dengan rata. Upayakan memakai sarung tangan karena lilin lebah yang melekat di tangan agak sedikit susah dibersihkan.
  3. Keringkan dengan hair dryer lebih kurang selama 5 menit.
  4. Untuk mengetesnya, cipratkan atau siramkan air pada permukaan sepatu.
  5. Sangat mudah, bukan? Dengan langkah tersebut, rusaknya sepatu karena terserang air dapat kamu jauhi karena saat ini sepatumu jadi anti air. Yippieee!

2. Bersihkan Sepatu Bila Terlanjur Basah

Terkadang mencegah juga tidak jalan sesuai yang diinginkan. Bila sepatu safety jakarta terlanjur basah karena susunan lilin yang kurang kuat atau karena kelalaian, maka sepatu harus selekasnya dicuci. Air hujan memiliki kandungan asam dan zat beda yang mengakibatkan kerusakan struktur sepatu dan membuatnya berbau kurang enak.

Sepatu yang terlanjur basah cukup di rendam di air hangat dan sabun mandi atau shampo, janganlah pakai detergen karena kandungan zat di dalamnya terlalu keras.
Cukup gosok dengan sikat gigi atau diperas seperlunya, jemur lewat cara diangin-anginkan, jauhi dibawah cahaya matahari dengan segera karena dapat buat gosong dan buat sepatu jadi keras.

3. Percepat Sistem Pengeringan Memakai Gumpalan Kertas Koran

Persoalan beda yang keluar yaitu ketika sepatumu yang basah tidak kunjung kering karena cahaya matahari yang jarang muncul. Walau sebenarnya, sepatu yang basah ini dapat menyebabkan problem baru yaitu timbulnya bakteri dan kuman dan baunya yang jadi tidak karuan. Tenang, kamu masih tetap dapat menangani problem ini dengan memakai gumpalan kertas koran yang dimasukkan ke bagian dalam sepatu yang basah. Kertas koran dapat menyerap air secara cepat hingga tehnik ini akan sangat menolong percepat sistem pengeringan. Ganti koran basah dengan koran kering, kerjakan sampai tidak terasa kelembapan sekali lagi pada kertas koran. Lalu jemur sepatu dalam kondisi berdiri agar hawa dapat masuk ke semua arah. Atau. kamu dapat juga memakai kipas angin ataupun hair dryer agar sepatumu cepat kering.

4. Perlakukan Khusus Sepatu Memiliki bahan Kulit

Bila sepatumu terbuat dari kulit, jauhkan dari kompor dan perlengkapan yang lain yang keluarkan panas karena bahan kulit dari sepatu itu dapat jadi keras atau kaku. Saat sepatu kulit terserang air, lap dan keringkan selekasnya dengan spons atau kain penyerap air lalu angin-anginkan. Bercak kotor dan percikan air becek pada sepatu kulit yang lengket dapat digosok lembut dengan amplas halus agar tidak melukai bahan kulit.

5. Jagalah Kebersihan Sepatu, Buat Tetaplah Wangi dan Nyaman Saat Dipakai

Saat musim hujan, hawa yang lembab sering buat sepatu rawan berjamur dan berbau kurang enak. Untuk mengatasinya, kamu dapat pakai kopi, beras, atau baking soda. Masukan salah satu bahan itu kedalam tisu, lalu masukan kedalam sepatu. Khusus untuk sepatu kulit, beri tidak tebal sepatu dengan petroleum jelly atau vaselin. Kemudian, semir sepatu seperti umum. Jauhi menaruh sepatu di ruangan yang lembab, agar jamur dan bakteri tidak cepat tumbuh di dalamnya. Aksi mencegah beda agar sepatu tidak berjamur yaitu jangan sampai menaruh sepatu kulit dalam plastik tertutup, terlebih apabila sepatu itu telah sempat digunakan karena biasanya akan menaruh kelembapan yang menyebabkan munculnya jamur. Jadi, tidak ada alasan sekali lagi untuk mengeluhkan musim hujan ‘kan? Sepatumu saat ini telah siap untuk temani setiap langkahmu, walau guyuran hujan tengah sering-seringnya. Selamat coba, good luck!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s