8 Ide Mengubah Barang-barang Bekas di Kamarmu Menjadi Hiasan yang Keren

Related image

Salah satu kebiasaan orang Indonesia yaitu sayang buang beberapa barang lama. Alasannya juga beberapa macam, dari mulai masih tetap bermanfaat suatu waktu kelak sampai masa lalu indah yang tersimpan dalam beberapa barang itu. Akhirnya, tumpukan beberapa barang bekas itu penuhi beragam ruangan dirumah sampai jadi kurang enak dilihat dan buat ruangan jadi lebih sempit dari pada ukuran sesungguhnya.

Saat ini, cobalah saksikan kondisi kamarmu. Bila kamu juga merasa kamarmu itu jadi lebih sempit dan terlihat berantakan. Berarti sudah saatnya untuk beres-beres kamar. Satu hal yang paling penting kamu tangani yaitu menebarnya beberapa barang yang telah tidak terpakai di kamarmu. Tidak harus selalu dengan membuangnya. Kamu dapat mengatasi problem barang bekas ini dengan ide kreatif barang bekas dan merubahnya jadi benda yang lebih berguna.

Agar kamu tidaklah perlu bingung pikirkan benda apa yang dapat kamu bikin, kita miliki beberapa contoh benda baru yang dapat kamu bikin dari koleksi barang bekas yang ada di kamarmu. Janganlah cepat-cepat menyampaikan tidak dapat membuatnya sendiri karena cara merubah barang bekas jadi benda-benda manis ini tidak sulit. Tidak yakin? Cobalah saja check beberapa inspirasi berikut ini.

Bila kamu ingin sekalian menata lagi kamar, kita juga miliki tips dan tipsnya loh

1. Pot Pensil Unik dari Buku-buku Bekas

Dapat dijamin, di kamar siapa pun tentu ada buku-buku yang telah tidak terpakai lagi. Agar tidak membiarkan barang bekas ini penuhi kamarmu, pilihannya hanya dua. Pertama, kamu dapat buang atau menjualnya pada tukang loak. Kedua, kamu merubahnya jadi pot pensil unik yang serbaguna!

Membuatnya tidak sulit koq. Kamu hanya perlu beberapa buku bekas dan lem kuat. Pertama, cabut bagian sampul buku agar warna dan motifnya seirama, yaitu barisan tulisan. Kemudian, lingkarkan setiap buku sampai mirip tabung. Langkah paling akhir, kamu tinggal menjadikan satu bundaran-bundaran dari buku itu jadi bentuk bunga yang manis. Kamu dapat juga menutupi bagian dasarnya dengan sampul yang memakai kertas lebih tebal hingga lebih kuat. Karena miliki beberapa lubang, kamu dapat membuatnya jadi wadah alat tulismu ataupun perlengkapan lain agar lebih teratur.

Untuk lengkapi pot pensil unikmu, pastikan alat tulismu juga tidak kalah unik

2. Hiasan Dinding dari Kaus yang Tidak Terpakai

Kamu merasa dinding kamar tidurmu terlalu sepi karena tidak miliki hiasan dinding? Tidak harus repot beli hiasan dinding karena kamu dapat juga koq membuatnya sendiri dari barang bekas yang ada di kamarmu. Kamu hanya perlu kaus yang telah tidak sempat kamu gunakan. Alangkah lebih baik lagi bila kaus itu memiliki design maupun tulisan yang unik jadi motifnya.

Bagaimana caranya merubah barang bekas jadi benda baru yang mengagumkan? Langkahnya sangat sederhana dan akan membuat kamu semringah. Kamu hanya perlu melipatnya dengan rapi dan sebisa-bisanya menonjolkan bagian desainnya yang menarik. Sebelumnya, cocokkan ukurannya dengan pigura yang telah tidak terpakai ataupun yang baru kamu beli. Kemudian, masukan kaus tersebut di dalamnya dan barang bekas ini pun segera jadi hiasan dinding yang siap kamu pajang manfaat menghiasi ruang tidurmu.

3. Gorden Pintu dari CD Usang

Kamu pengagum beragam film dan sukai melakukan DVD marathon? Dari hobymu itu, tentu kamarmu telah penuh dengan tumpukan CD atau DVD usang yang telah tidak dapat dilihat lagi karena telah penuh dengan goresan maupun debu. Janganlah cepat-cepat membuangnya karena benda-benda bekas itu dapat kamu ganti jadi gorden pintu yang sangat bagus!

Kumpulkan CD atau DVD usang yg tidak terpakai dan lapisi setiap sisinya dengan origami atau cetakan motif yang kamu sukai. Setelah semua terlapisi, roncelah keping-keping itu memakai benang nilon agar tidak mudah terlepas. Buat beberapa roncean yang panjang sama juga dengan tinggi kusen pintu kamarmu. Bila telah usai, kamu hanya perlu menggantungnya di depan ruang tidurmu untuk buat kamarmu terlihat seperti zona eksklusif.

Selain jadikan gorden, masih tetap ada lagi inspirasi unik yang dapat kamu gunakan memakai keping CD atau DVD bekas

4. Wallpaper dari Seprai Lama

Dinding kamar dapat juga merubah mood loh. Karena alasan berikut ini, beberapa orang selalu ganti cat ruang tidurnya dalam periode tertentu agar memberi semangat baru dan menambah mood mereka. Untuk kamu yang ingin membuktikannya, kamu dapat mulai ganti topik atau warna dinding kamarmu saat ini juga. Lebih kerennya lagi, kamu tidak harus mengecat atau beli wallpaper khusus untuk kamarmu. Barang bekas seperti seprai lama yang telah tidak terpakai dapat jadi penggantinya.

Dapat disebut, ini yaitu cara merubah barang bekas jadi benda baru yang paling mudah. Kamu hanya perlu menyetrika seprai itu sampai sangat halus dan tidak memiliki bekas lipatan lagi. Setelah itu, olesi bagian belakang seprai dengan cat dinding. Janganlah menaburinya dengan sekaligus ke semua bagian seprai karena akan menyusahkanmu ketika akan memasangnya di dinding.

Sedikit untuk sedikit dari bagian ujung atas, awalilah tempelkan seprai ke dinding. Ingat, janganlah hanya pinggirannya yang kamu lekatkan sebab akan buat wall paper dari barang bekasmu terlihat menggelembung. Lekatkan semua bagian seprai ke dinding dengan erat untuk memperoleh hasil yang rapi dan maksimal. See, saat ini dinding kamarmu jadi lebih semarak dengan wall paper yang kece, dari mulai motif batik ataupun club sepak bola kesayanganmu dapat jadi wallpaper.

5. Rak Dinding dari Kursi Lipat Tidak Terpakai

Terlebih untuk kamu yang memadukan ruang tidur dengan tempat kerja, di kamarmu tentu terdapat kursi dan meja untukmu belajar atau bekerja. Bila kamu pada akhirnya mengambil keputusan ganti kursi lipat di kamarmu dengan jenis kursi yang lebih minimalis atau modern, janganlah tergesa-gesa buang atau menghibahkan kursi lipat itu pada orang lain, ya. Kursi lipat itu dapat disulap jadi rack dinding yang super kece.

Langkah merubah barang bekas yang satu ini jadi rack dinding sangat mudah. Kamu tidaklah perlu memotongnya atau membagi bagian-bagiannya. Yang perlu dilakukan yaitu mengubahkannya ke dinding kamarmu. Dengan paku baja, gantungan kursi lipat tersebut di bagian dinding yang kamu kehendaki. Saat itu juga, kursi lipat itu dapat selekasnya beralih peranan jadi rack dinding yang unik, yang dapat kamu menjadikan tempat untuk koleksi buku-bukumu ataupun hiasan mejamu. Bila ingin berkreasi, kamu dapat mengecat kursi lipat itu terlebih dulu agar warna keseluruhannya jadi jadi dan setema dengan warna kamarmu.

6. Kap Lampu dari Anyaman Tempat Lipstik

Kamu memiliki lampu tidur di samping tempat tidurmu yang terlihat mulai menjemukan? Kamu dapat merubahnya jadi terlihat baru lewat cara menyelimutinya memakai kap lampu handmade hasil pekerjaan tanganmu sendiri. Bahan utama yang diperlukan yaitu beberapa tempat lipstik yang berisi telah habis.

Langkahnya mudah. Lapisi beberapa tempat lipstik itu dengan kertas hias yang kamu sukai. Setelah semua terselimuti, kamu tinggal sediakan kawat yang telah dibuat sesuai sama jenis lampu tidurmu. Buat kawat itu jadi tercukupi dengan beberapa tempat lipstik yang disusun memakai lem kuat. Setelah bagian kawat semua tertutupi, kamu siap membuatnya jadi kap lampu tidurmu untuk tidur yang lebih pulas.

7. Pigura Cantik dari Kardus Siap Buang dan Kancing Baju Bekas

Kamu tentu seringkali lihat beragam pigura photo handmade yang di buat dari mengkreasikan beragam barang bekas, dari mulai stik es cream sampai kertas-kertas yang telah tidak terpakai. Nah, kamu dapat juga buat pigura yang siap dipajang di kabinet samping tempat tidur atau meja kerjamu dari kardus-kardus siap buang yang masih tetap teronggok di ruang tidurmu. Langkahnya pun sangat mudah.

Kamu hanya perlu menggunting kardus itu jadi bentuk batangan-batangan kecil yang seukuran ataupun tidak. Dengan memakai lem, aturlah batangan dari kardus bekas itu jadi bentuk balok tidak tebal. Upayakan bagian depan baloknya dibuat mirip bingkai, sedang belakangnya ditutup penuh dengan batangan kardus. Janganlah lupa membiarkan bagian bawahnya berlubang jadi celah untuk memasukkan photo. Jadi pengganti kaca, kamu dapat tutup bagian depan yang berbingkai dengan mika bening. Agar lebih cantik, lekatkan kancing-kancing bekas bajumu yang telah tidak terpakai agar pigura buatanmu jadi prima.

8. Kursi Vintage dari Koper dan Bedcover Tua

Selain perlengkapan tidur, isi kamarmu tentu tidak jauh-jauh dari beragam product fashion yang bisa mengikuti beragam kegiatanmu. Satu diantaranya tidak lain yaitu beragam jenis tas yang sampai kini jadi koleksimu. Saat ini cobe check koleksi itu dan mencari koper tua yang telah tidak terpakai. Kamu dapat menyulapnya jadi kursi bergaya classic yang bagus dengan gabungan bedcover yang telah tidak terpakai.

Langkah dasarnya hanya pesan empat kaki meja pada tukang kayu manfaat jadi penyangga kursi vintage dari koper tuamu. Rekatkan kaki meja tersebut di setiap pojok koper memakai kayu ataupun lem khusus. Jadi bantalan kursinya, kamu tinggal membuat bedcover bekasmu dengan apik sampai penuhi bagian dalam koper dan atas koper manfaat jadi sandaran kursi. Kamu pun saat ini memiliki penambahan kursi “baru” di kamarmu yang dapat digunakan untuk bersantai atau menjamu rekan yang tengah bermain ke rumahmu.

Cukup banyak bukan barang-barang bekas dari kamarmu yang bisa dirubah jadi benda baru yang lebih bermanfaat? Selain memperoleh benda baru, kamarmu pun semakin lebih rapi dan cantik dibuatnya. Selain delapan ide diatas, kurang lebih kamu miliki inspirasi lain untuk melakukan keajaiban dari barang bekas yang ada di kamarmu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s