Alat Pelindung Diri/Personal Protective Equipment (APD/PPE)

Hasil gambar untuk Alat Pelindung Diri/Personal Protective Equipment (APD/PPE)

Alat pelindung diri (APD) yaitu suatu alat yang memiliki kemampuan untuk melindungi seseorang yang fungsinya mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya ditempat kerja.

Dasar Hukum Penggunaan Alat Pelindung Diri Bagi Tenaga Kerja

1. Undang-undang No. 1 th. 1970
Pasal 3 ayat (1) butir f : Dengan ketentuan perundangan diputuskan kriteria untuk memberi APD.
Pasal 9 ayat (1) butir c : Pengurus diharuskan memberikan dan menerangkan pada setiap tenaga kerja baru mengenai APD.
Pasal 12 butir b : Dengan ketentuan perundangan ditata keharusan dan atau hak tenaga kerja untuk memakai APD.
Pasal 14 butir c : Pengurus diharuskan sediakan APD dengan cara bebrapa hanya.
2. Permenakertrans No. Per. 01/MEN/1981
Pasal 4 ayat (3) mengatakan keharusan pengurus sediakan alat pelindung diri dan harus untuk tenaga kerja untuk memakainya untuk mencegah penyakit akibat kerja.
3. Permenakertrans No. Per. 03/MEN/1982
Pasal 2 butir I mengatakan menasehati tentang rencana dan pembuatan tempat kerja, penentuan alat pelindung diri yang diperlukan dan gizi dan penyelenggaraan makanan di tempat kerja.
4. Permenakertrans No. Per. 03/MEN/1986
Pasal 2 ayat (2) mengatakan tenaga kerja yang mengelola pestisida harus memakai alat-alat pelindung diri yang berbentuk baju kerja, sepatu safety lars tinggi, sarung tangan, kacamata pelindung atau pelindung muka dan pelindung pernapasan.

Manfaat Dan Type Alat Pelindung Diri

  • Alat pelindung kepala (Headwear)
    Manfaat alat pelindung kepala yaitu alat pelindung yang berperan membuat perlindungan kepala dari bentrokan, terantuk, kejatuhan atau terpukul benda tajam atau benda keras yang melayang atau meluncur di hawa, terkena oleh radiasi panas, api, percikan beberapa bahan kimia, jasad renik (mikro organisme) dan suhu yang ekstrim. Jenis alat pelindung kepala terbagi dalam helm pengaman (safety helmet), topi atau tudung kepala, penutup atau pengaman rambut, dan sebagainya.
  • Alat pelindung mata (Ayes Protection) dan muka
    Manfaat alat pelindung mata dan muka yaitu alat pelindung yang berperan membuat perlindungan mata dan muka dari paparan bahan kimia beresiko, paparan partikel-partikel yang melayang di hawa dan di tubuh air, percikan benda-benda kecil, panas, atau uap panas, radiasi gelombang elektromagnetik yang mengion ataupun yg tidak mengion, pancaran cahaya, bentrokan atau pukulan benda keras atau benda tajam.
    Jenis alat pelindung mata dan muka terbagi dalam kacamata pengaman (spectacles), goggles, tameng muka (face shield), masker selam, tameng muka dan kacamata pengaman dalam kesatuan (full face masker).
  • Alat pelindung telinga (Ear Protection)
    Manfaat alat pelindung telinga yaitu alat pelindung yang berperan membuat perlindungan alat pendengaran pada kebisingan atau desakan.
    Jenis alat pelindung telinga terbagi dalam sumbat telinga (ear plug), penutup telinga (ear muff) dan ear helmet.
  • Alat pelindung pernafasan bersama peralatannya
    Manfaat alat pelindung pernafasan bersama peralatannya yaitu alat pelindung yang berperan membuat perlindungan organ pernafasan lewat cara menyalurkan hawa bersih dan sehat dan/atau menyaring cemaran bahan kimia, mikro-organisme, partikel yang berbentuk debu, kabut (aerosol), uap, asap, gas/fume, dsb.
    Jenis alat pelindung pernafasan dan peralatannya terbagi dalam masker, respirator, katrit, kanister, Re-breather, Airline respirator, Continues Air Suplai Machine=Air Hose Mask Respirator, tangki selam dan regulator (Self-Contained Underwater Breathing Apparatus/SCUBA), Self-Contained Breathing Apparatu (SCBA), dan emergency breathing apparatus.
  • Alat pelindung tangan (Hand Protection)
    Manfaat alat pelindung tangan (sarung tangan) yaitu alat pelindung yang berperan membuat perlindungan tangan dan jari-jari tangan dari pajanan api, suhu panas, suhu dingin, radiasi elektromagnetik, radiasi mengion, arus listrik, bahan kimia, bentrokan, pukulan dan tergores, terinfeksi zat patogen (virus, bakteri) dan jasad renik.
    Jenis pelindung tangan terbagi dalam sarung tangan yang terbuat dari logam, kulit, kain kanvas, kain atau kain berpelapis, karet, dan sarung tangan yang tahan bahan kimia.
  • Alat pelindung kaki (Feet Protection)
    Manfaat alat pelindung kaki berperan membuat perlindungan kaki dari tertimpa atau berbenturan dengan benda-benda berat, tertusuk benda tajam, terserang cairan panas atau dingin, uap panas, terpajan suhu yang ekstrim, terserang bahan kimia beresiko dan jasad renik, tergelincir.
    Jenis Pelindung kaki berbentuk sepatu safety online keselamatan pada pekerjaan peleburan, pengecoran logam, industri, kontruksi bangunan, pekerjaan yang punya potensi bahaya peledakan, bahaya listrik, tempat kerja yang basah atau licin, bahan kimia dan jasad renik, dan/atau bahaya binatang dan sebagainya.
  • Baju pelindung (Body protection)
    Manfaat baju pelindung berperan membuat perlindungan tubuh beberapa atau semua bagian tubuh dari bahaya temperatur panas atau dingin yang ekstrim, pajanan api dan benda-benda panas, percikan beberapa bahan kimia, cairan dan logam panas, uap panas, bentrokan (impact) dengan mesin, perlengkapan dan bahan, tergores, radiasi, binatang, mikro-organisme patogen dari manusia, binatang, tumbuhan dan lingkungan seperti virus, bakteri dan jamur.
    Jenis baju pelindung terbagi dalam rompi (Vests), celemek (Apron/Coveralls), Jacket, dan baju pelindung yang menutupi beberapa atau semua bagian tubuh.
  • Alat Pengaman di Ketinggian (Harness)
    Manfaat alat pelindung jatuh perseorangan berperan membatasi gerak pekerja agar tidak masuk ke tempat yang memiliki potensi jatuh atau melindungi pekerja berada pada posisi kerja yang dikehendaki dalam kondisi miring ataupun bergantung dan menahan dan membatasi pekerja jatuh hingga tidak mengenai lantai basic.
    Jenis alat pelindung jatuh perseorangan terbagi dalam sabuk pengaman badan (harness), karabiner, tali koneksi (lanyard), tali pengaman (safety rope), alat penjepit tali (rope clamp), alat penurun (decender), alat penahan jatuh bergerak (mobile fall arrester), dan sebagainya.
  • Pelampung
    Manfaat Pelampung berperan membuat perlindungan pemakai yang bekerja diatas air atau dipermukaan air agar terlepas dari bahaya terbenam dan atau mengatur keterapungan (buoyancy) pemakai agar dapat berada pada posisi terbenam (negative buoyant) atau melayang (neutral buoyant) didalam air.
    Jenis pelampung terbagi dalam jaket keselamatan (life jacket), rompi keselamatan (life vest), rompi pengatur keterapungan (Bouyancy Control Piranti).

Sebagian Prasyarat Alat Pelindung Diri

Alat-alat pelindung diri yang sudah diambil sebaiknya penuhi bebrapa ketetapan seperti berikut :
1. Dapat memberi perlindungan pada bahaya
2. Berbobot ringan
3. Dapat digunakan dengan cara fleksibel (tidak membedakan jenis kelamin)
4. Tidak menyebabkan bahaya tambahan
5. Tidak mudah rusak
6. Penuhi ketetapan dari standard yang ada
7. Pemeliharaan mudah
8. Pergantian suku cadang mudah
9. Tidak membatasi gerak
10. Rasa “tidak nyaman” tidak berlebihan
11. Memiliki bentuk cukup menarik

Selain itu alat pelindung diri harus juga penuhi prasyarat :

  • Enak Digunakan
  • Tidak mengganggu kerja
  • Memberi perlindungan efisien pada bahaya
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s