13 Istilah tentang Sepatu Safety

Hasil gambar untuk Istilah tentang Sepatu Safety

Tahu sepatu safety? Itu, lho, salah satu jenis sepatu atau alas kaki yang biasanya digunakan oleh para pekerja. Penggunaan sepatu ini ternyata salah satu kriteria standard keamanan. Sepatu type ini berbeda dengan sepatu lain seperti sneakers ataupun pantopel. Dari desainnya telah terlihat sepatu ini memang didesain untuk lingkungan industri. Tidak heran bila ketika telah masuk saat penerimaan pegawai, banyak pegawai yang repot mencari penjual sepatu safety ini.

Menurut Tubuh Standardisasi Nasional, sepatu safety terbuat berbahan baja. Bahan ini dikombinasi dengan bahan yang lain, berperan membuat perlindungan jari-jari kaki dari bentrokan saat berada di lingkungan kerja. Sebelumnya beli sepatu ini, sebaiknya anda mengetahui bagian atau beberapa arti pada sepatu safety agar tidak salah beli di toko jual sepatu safety jakarta. Berikut bagian-bagian sepatu safety yang perlu anda kenali :

  1. Vamp, yakni bagian atas sepatu yang diawali dari lidah sampai ujung depan sepatu.
  2. Upper, yakni bagian atas sol sepatu.
  3. Quarter, yakni bagian atas yang bersebelahan segera dengan vamp.
  4. Toe cap, yakni bagian tempurung sepatu yang biasanya terbuat dari baja hingga tahan akan bentrokan.
  5. Bumper, yakni susunan karet yang menempel di bagian depan sepatu yang bermanfaat membuat perlindungan dari goresan benda tajam.
  6. Anti static, yakni bagian sepatu yang dapat menghantarkan listrik hingga terlepas dari daya kejut dari benda-benda yang bermuatan listrik.
  7. Foam lining, yakni bahan busa yang berada dibawah pengeras depan bermanfaat menaikkan kenyamanan pemakai sepatu safety.
  8. Eyelete stay, berada di depan quarter untuk memperkuat dudukan
  9. Steel toe cap, terbuat dari baja yang terdapat di bagian depan membuat perlindungan jari-jari kaki dan memperkuat bagian depan.
  10. Collar, bermanfaat menguatkan bagian depan yang biasanya terbuat dari kulit atau bahan yang lain yang terdapat dibagian leher sepatu.
  11. Nail proof stainless mideole, yakni bagian sepatu safety yang terdiri atas plat besi hingga dapat membuat perlindungan kaki dari benda-benda tajam atau tusukan seperti paku ataupun pecahan kaca.
  12. Sock lining, yakni bagian sepatu untuk telapak kaki.
  13. Outsole, yakni bagian luar tepatnya bagian bawah yang bersentuhan segera dengan tanah.

Selain bagian diatas masih tetap ada lagi bagian lain yang sudah ditetapkan BadanĀ Standarisasi Nasional. Tetapi pada dasarnya, tersebut bagian-bagian sepatu safety yang perlu anda kenali, terlebih bila ingin membelinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s