Langkah Dalam Melakukan Management Of Change (MOC)

Hasil gambar untuk Langkah Dalam Melakukan Management Of Change (MOC)

Setelah tahu perubahan apa sajakah yang memerlukan Management of Change (MOC), maka pada Artikel kali ini kami akan mengulas tentang beberapa langkah dalam bikin manajemen pergantian (management of change). Demikian banyak pergantian yang memerlukan analisis memakai sistem MOC tetapi tidak dilakukan dengan alasan yang tidak sama, salah satu alasan yang seringkali yaitu tidak tahu bagaimana sistem management of change itu, seberapa pentingnya penggunaan alat pelindung seperti sepatu safety jakarta berkualitas dan beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Demikian pentingnya Melakukan MOC untuk setiap pergantian yang dilakukan agar tidak menyebabkan potensi bahaya baru akibat pergantian yang dilakukan hingga setiap pekerja harus tahu dengan baik cara bikin dan langkah apa sajakah yang perlu dilakukan untuk bikin pengelolaan dari pergantian yang dilakukan memakai prosedur MOC. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam Management of Change (MOC) :

1. Identifikasi Permasalahan dan Kesempatan Pergantian Kesempatan pergantian biasanya nampak karena ada persoalan, identifikasi semua persoalan yang dihadapi pada setiap pekerjaan. Terima semua input yang didapatkan oleh pekerja, dan jangan sampai mengenyampingkan input dari siapa saja. Mencari inspirasi perbaikan dari setiap permasalahan yang diketemukan, ajak diskusi semua pekerja yang ikut serta agar jadi bagian dari sistem MOC (management of Change).

2. Pelajari Maksud Pergantian tahap selanjutnya yaitu memastikan maksud dari pergantian yang dilakukan, ada beberapa tujuan perubahan salah satunya : Bikin pekerjaan lebih efektif, lebih cepat, maupun lebih aman. Kerjakan pergantian yang praktis, dan sangat diprioritaskan dapat dilakukan dengan tidak melakukan penyetopan pekerjaan dalam lingkup yang luas. Pakai system yang ada, kerjakan analisis pada system yang ada… Adakah yang dapat dilakukan dengan lebih efektif. Hingga tak perlu melakukan pergantian yang menyeluruh… Bila system yang ada tidak dapat mensupport pergantian, maka diperlukan analisis secara detail agar maksud dari pergantian dapat terwujud.

3. Analisis Akar Permasalahan (Root Cause) Kerjakan analisis permasalahan yang menyebabkan suatu sistem tidak jalan sebagai mana harusnya, hingga pergantian yang dilakukan dapat jalan dengan baik dan dapat jadi jalan keluar untuk permasalahan yang diidentifikasi. Berikanlah data-data untuk mensupport analisis yang dilakukan agar maksud pergantian lebih terang. Termasuk salah satunya yaitu pemenuhan prosedur keselamatan maupun gambar-gambar pendukung. Biasanya salah satu masalah yang timbul karena pekerja kurang hati-hati dan tidak menggunakan pelindung diri seperti pakaian keselamatan, sepatu safety, helm keselamatan dan sebagainya.

4. Mintalah Kesepakatan Setelah inspirasi perbaikan telah didapat dan dipercaya dapat merampungkan permasalahan, mintalah kesepakatan dari manajemen dan pihak-pihak yang ikut serta (Stake holder).

5. Beritahu Semua Pihak Yang Ikut serta Perbahan bisa saja akan menyebabkan efek, oleh karenanya berikanlah info pada semua pihak yang mungkin terserang efeknya. Katakan pergantian yang tengah dilakukan dan maksud yang akan diraih dari pergantian itu.

6. Implementasikan Pergantian Yang Di buat Setelah semua kriteria administrasi sudah di setujui, dan gagasan pergantian telah diberitahukan pada semua pihak yang terdampak. tahap selanjutnya yaitu melakukan gagasan pergantian. Kerjakan setiap bagian pergantian sesuai sama gagasan,.

7. Kerjakan Pemantauan Pada Pergantian Kerjakan pemantauan pada setiap prosesnya, tulis semua persoalan yang muncul ketika sistem pergantian. Hal semacam ini akan diperlukan saat melakukan analisis nanti. Kerjakan pemantauan atau penilaian pasca pergantian dilakukan, maksudnya yaitu untuk melakukan perbaikan sistem yang mungkin belum jalan dengan cara prima.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s