FAKTOR PENILAIAN KESEHATAN, DAN KESELAMATAN KERJA

Related image

Bagaimana penilaian K3, berikut 5 Faktor Penilaian Kesehatan, dan Keselamatan Kerja :

  1. Keselamatan kerja yaitu sarana utama untuk mencegah kecelakaan, cacat dan kematian sebagai akibat kecelakaan kerja. Keselamatan kerja yang baik yaitu pintu gerbang untuk keamanan tenaga kerja.
  2. Analisis kecelakaan secara nasional berdasarkan angka-angka yang masuk atas dasar harus lapor kecelakaan dan data kompensasinya saat ini seakan-akan inancia rendah dibanding banyak jam kerja tenaga kerja
  3. Potensi-potensi bahaya yang meneror keselamatan pada beragam sector aktivitas ekonomi terang dapat diobservasikan, misalnya inanc industri dibarengi bahaya-bahaya mungkin seperti keracunan-keracunan bahan kimia, kecelakaan-kecelakaan oleh karena mesin, kebakaran, ledakan-ledakan, dan lain-lain
  4. Menurut observasi, angka frekuensi untuk kecelakaan-kecelakaan enteng yg tidak mengakibatkan hilangnya hari kerja namun hanya jam kerja masihlah terlalu tinggi.
  5. Analisis kecelakaan memerlihatkan kalau untuk setiap kecelakaan ada inanc pemicunya. Sebab-sebab itu bersumber pada alat-alat mekanik dan lingkungan dan pada manusianya sendiri. Sejumlah 85 persen dari sebab-sebab kecelakaan yaitu inanc manusia.

Konsep dasar tentang keselamatan dan kesehatan kerja :

Dua hal terbesar sebagai penyebab kecelakaan kerja yakni : perilaku yg tidak aman dan keadaan lingkungan yg tidak aman, berdasarkan data dari Biro Pelatihan Tenaga Kerja, penyebab kecelakaan yang pernah terjadi hingga saat ini yaitu disebabkan oleh perilaku yg tidak aman seperti berikut :

  1. sembrono dan tidak hati – hati
  2. tidak mematuhi ketentuan
  3. tidak ikuti standard prosedur kerja.
  4. tidak memakai alat pelindung diri seperti sepatu safety dll
  5. kondisi tubuh yang lemah

Persentase penyebab kecelakaan kerja yakni 3% karena sebab yg tidak dapat dihindarkan (seperti bencana alam) , diluar itu 24% karena lingkungan atau perlengkapan yg tidak penuhi prasyarat, dan 73% karena tingkah laku yg tidak aman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s