15 Prinsip Aman Mengemudikan Forklift

Afbeeldingsresultaat voor Mengemudikan ForkliftSebuah forklift ukuran sedang memiliki berat yang sama dengan berat truk pengangkut (dump truck) dan dapat menyebabkan bahaya dan luka yang sama. Kita tentunya akan mengaplikasikan pengendalian yang ketat untuk alat-alat yang berat seperti truk pengangkut itu, maka hal yang sama harusnya berlaku juga pada forklift.

Data-data dari WorkSafe Victoria mengatakan tingginya kecelakaan kerja yang dikarenakan oleh forklift di daerah administrasinya. Data-data kecelakaannya yaitu seperti berikut :

  • Pada periode Januari 1985 sampai Januari 2006, 56 masalah kematian yang berhubungan dengan operasional forklift dilaporkan
  • Dari masalah kematian itu, 30 melibatkan pejalan kaki, 16 tertimpa beban, dan 14 tertabrak forklift
  • 10 kematian yang lain dikarenakan oleh operator yang loncat atau jatuh dari forklift yang rubuh hingga ia tergencet pada forklift dengan lantai
  • Forklift rubuh yaitu penyebabnya paling tinggi kematian nomer 2
  • Forklift rubuh terus-terusan hingga mengakibatkan banyak kecelakaan kerja

Agar bisa menghindar kecelakaan-kecelakaan itu, kita harus mengaplikasikan 15 Prinsip Aman dalam Mengemudikan Forklift

Memakai Sabuk pengaman dan sepatu pengaman
Sabuk pengaman sangat penting untuk melindungi operator tetaplah didalam kabin ketika forklift tabrakan atau rubuh. Sepatu pengaman atau sepatu safety juga sangat penting untuk melindungi kaki pekerja dari bahaya tertima benda berat atau tajam.

Operator Forklift menghadap ke arah tujuan
Ada beberapa type forklift seperti reach truck yang memiliki arah tempat duduk tegak lurus dengan garpu dab roda forkliftnya hingga seolah-olah ia bergerak ke samping. Pada type ini dan semua forklift, operator harus menghadapkan pandangan matanya ke arah maksud hingga dapat lihat semua potensi rintangan.

Membunyikan Klakson dipersimpangan
Setiap persimpangan menyebabkan kemungkinan titik buta (Blind spot) untuk operator forklift hingga operator tidak lihat forklift atau pejalan kaki yang jalan di segi lain persimpangan. Membunyikan klakson akan jadi peringatan untuk mereka yang ada di segi lain persimpangan.

Hentikan forklift ketika pandangan terhalang
Operator harus memberhentikan forkliftnya bila pandangannya terhambat mengingat ada kemungkinan yang mungkin nampak bila operator memaksakan jalan tanpa ada dapat lihat ke jalan depan. Sebagai jalan keluar, operator dapat memutar balik forkliftnya dan pandangannya 180 derajat hingga tak akan terhambat beban.

Melindungi jalur pejalan kaki dan Zebra Cross bebas dari semua halangan
Forklift dan pejalan kaki yang berada dalam 1 jalur dapat mempertinggi kemungkinan tabrakan pada pejalan kaki. Menempatkan palet atau benda lain di jalur pejalan kaki dapat bikin pejalan kaki keluar dari zona amannya, hingga mengakibatkan ia dapat tertabrak forklift.

Melindungi jarak 3 m pada pejalan kaki dan forklift dan forklift dengan forklift
Sebuah forklift yang jalan dengan kecepatan pejalan kaki, memerlukan jarak 3 mtr. untuk dapat berhenti dengan aman. Bila kurang dari itu, peristiwa inersia yang di terima forklift dapat mengakibatkan forklift rubuh. Oleh Karen itu, 3 M yaitu jarak minimal yang perlu dijauhi untuk kontak antar forklift-pejalan kaki dan forklift-forklift.

Menyimpan pallet di tempat yang telah ditandai atau ditentukan
Penyimpanan palet yang sesuai dengan tempatnya akan memastikan jalur pedestrian dan jalur forklift aman.

Meyakinkan palet yang diangkat dalam sesuai sama standard
Palet yang tidak cocok dengan standard dapat menyebabkan palet jatuh, forklift rubuh atau bahkan juga rusaknya rack penyimpanan

Meyakinkan barang terikat kuat dengan palet
Barang yg tidak terikat dengan palet dapat menyebabkan kemungkinan barang akan jatuh ketika forklift bermanuver atau ketika forklift menambah/turunkan barang.

Hindari untuk menggerakkan forklift ketika turunkan/barang
Ketika forklift menambah/turunkan barang akan terjadi perpindahan titik keseimbangan. Forklift yang bergerak ketika ini dapat kehilangan keseimbangannya hingga forklift akan rubuh.

Ketika menumpuk barang dilakukan dengan urut dan dapat dibuka dari 2 sisi
Hal semacam ini diperlukan agar jika ada suatu akses yang terhambat, operator masihlah mencapainya dari akses yang lain.

Mengangkat terlebih dulu palet sebelumnya dipindahkan ke tempat lain
Jauhi untuk mendorong palet dengan garpu karena akan mengakibatkan kerusakan lantai dan dapat mengganggu ke stabilan forklift

Memarkir Forklift posisi ujung garpu melekat di lantai dan dimasukkan kedalam tempat garpu di palet
Ujung garpu yang melekat di lantai dan terlindung oleh palet akan meminimalisasi kemungkinan orang lain tersandung karena garpu forklift.

Mencabut kunci forklift ketikan keluar dari forklift
Dengan mencabut kunci, kita dapat menghindar penggunaan forklift oleh orang yg tidak mumpuni.

Melakukan three point kontak ketika naik dan turun forklift
3 point kontak ketika turun/naik forklift dapat terwujud bila salah satu tangan operator memegang handle dekat stir forklift sesaat tangan yang lain memegang jok forklift. Ini akan menghindar operator terpeleset ketika naik/turun forklift.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s