Cara Efektif Menciptakan Keselamatan Kerja

Image result for Keselamatan Kerja

Keselamatan ditempat kerja menjadi hal vital dalam lingkungan warehouse, atau manufaktur. Mengingat kenyataan kalau sekitar 4, 600 pekerja meninggal dunia saat bekerja pada tahun 2012. Beberapa diantaranya mengalami luka-luka dan jumlahnya selalu bertambah setiap tahun, beberapa di antaranya dapat selamat. Kecelakaan di tingkat paling tinggi biasanya meluputi jatuh, kecelakaan di tangga, forklift, mesin, beberapa zat beresiko, pekerjaan listrik, dan permasalahan pernafasan.

Berikut ini yaitu 10 cara perusahaan dapat membuat dan tingkatkan keselamatan kerja, yang akan menghadap ke lingkungan yang lebih sehat, aman, dan produktif.

1. Staff training
Mungkin hanya satu cara agar perusahaan dapat kurangi terjadinya kecelakaan kerja, tingkatkan keselamatan kerja yaitu melalui program training yang lebih terang, mudah dibuka, dan lebih menyeluruh untuk semua karyawannya. Tidak perduli setinggi apa skill atau experience karyawan dalam bagian tertentu, seperti menjalankan forklift atau mengatasi beberapa bahan kimia, mereka tetaplah harus taat ikuti training yang ekstensif untuk semua segi pekerjaan. Pastikan Kamu dan tim pengelola perusahaan selalu mengusahakan segala teknik yang dapat di ajarkan agar pekerjaan mereka lebih mudah dan aman.

2. Pekerjakan pekerja yang kompeten
Ketika mengulas mengenai menambahkan karyawan dalam tempat kerja Kamu, pastikan Kamu memilih yang paling baik dari yang terbaik. Walau Kamu harus menggaji mereka sedikit lebih tinggi, kerjakanlah. Mempekerjakan seorang dengan terburu-buru hanya karena bagian produksi tengah sibuk-sibuknya dan memerlukan karyawan baru saat ini juga, bukanlah bermakna Kamu dapat berkompromi dengan kwalitas. Dengan mempekerjakan karyawan yang berkwalitas maka mereka akan kurangi kemungkinan kecelakaan kerja.

3. Memprioritaskan keselamatan ditempat kerja
Semua bermula dari Kamu. Bila Kamu sebagai bos melakukan tindakan tegas pada ketentuan keselamatan kerja dan memiliki komitmen, beberapa pekerja akan mencontoh tingkah laku kalau mereka harus memprioritaskan keamanan dan keselamatan, walau dalam kondisi produksi yang tengah tinggi-tingginya. Pekerja diwajibkan menggunakan alat pelindung saat bekerja seperti penggunaan pakaian safety, sepatu safety boot dll.

4. Perhatikan apa yang Kamu berikan
Ketika Kamu menghadiahi karyawan karena sudah merampungkan pekerjaan tepat waktu atau bahkan juga sebelumnya deadline, otomatis Kamu menghalalkan semua cara seandainya pekerjaan teratasi. Hal semacam itu dapat beresiko karena akan condong bikin mereka berkompromi pada keselamatan dan keamanan untuk tingkatkan produksi, jadi baiknya Kamu dapat menerangkan kembali kalau semua karyawan lebih penting melindungi keselamatan kerjanya dari pada menghasilkan dalam jumlah yang besar-besaran.

5. Gunakan rambu
Bahkan juga karyawan Kamu yang paling safety-orientedpun terkadang melupakannya. Cobalah gunakan di beberapa ruang kerja sebuah sinyal/rambu yang akan selalu mengingatkan setiap orang akan kemungkinan kerja yang selalu membayangi dan apa yang harusnya mereka kerjakan untuk mematuhi ketentuan keselamatan. Beberapa contoh yang dapat dicoba yaitu dengan menempatkan sinyal bertuliskan “helmet area” atau sign “cuci tanganmu” di ruang kamar mandi.

6. Berikanlah peralatan keselamatan yang mereka butuhkan
Bila Kamu tidak sediakan peralatan yang diperlukan agar mereka tetaplah aman dalam lingkungan kerja, seperti helm, sepatu safety boots berbuntut baja, piranti keselamatan dan bahkan juga kacamata safety, Kamu tidak dapat mengharapkan kalau mereka akan mengambil aksi mencegah. Dengan sediakan peralatan yang mudah dibuka dengan selekasnya maka akan tingkatkan kepatuhan mereka akan keselamatan kerja.

7. Selalu mencari cara untuk dikembangkan
Keselamatan kerja tidaklah hal yang static. Akan selalu ada ruang untuk pengembangan, maka kerjakanlah brainstorming dengan karyawan untuk mencari tahu cara untuk tingkatkan awareness mereka akan keselamatan kerja baik untuk teknisi mesin atau beberapa orang sekitar yang jalan melalui depan pabrik.

8. Upayakan selalu bersih
Lingkungan kerja yang berantakan memiliki potensi akan terjadinya kecelakaan kerja. Pastikan ruang kerja Kamu selalu bersih, rapi, dan kering agar aman untuk kebanyakan orang. Pastikan juga beberapa karyawan mengerti pentingnya ruang kerja yang bersih dan selalu tanamkan pada mereka untuk tetaplah bersih,

9. Kerjakan maintenance pada semua mesin dan perlengkapan
Mesin produksi, perlengkapan dan peralatan yang baik yaitu resep keberhasilan. Bila tidak diimbangin dengan perawatan dengan cara regular, beberapa barang ini akan tidak berperan dengan baik. Ini tidak cuma turunkan efisiensi dan produksi karena waktu akan terbuang untuk mereparasi dan memberi kemungkinan karyawan ketika memakai mesin yg tidak berperan dengan baik.

10. Berikan reward yang aman
Dari pada memberikan hadiah reward pada karyawan yang melampaui tujuan produksi tetapi jadi acuh dan tidak perduli mengenai keselamatan, lebih baik berikan hadiah untuk karyawan yang sudah menaati semua ketentuan keselamatan dan dengan cara berkelanjutan bekerja dengan efektif. Dengan lebih memprioritaskan keselamatan dari pada jumlah produksi, Kamu sudah memberikan hadiah value dari pencapaian dari pada lihat hasil pada akhirnya.

Sebagai atasan dan pengelola perusahaan, Kamu bertanggungjawab penuh atas keselamatan semua karyawan selama berada di lingkungan kerja. Selalu tumbuhkan pola fikir kalau keselamatan nomer satu pada mereka hingga kesadaran itu akan tumbuh dengan sendirinya tanpa ada paksaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s