Alat Pelindung Mata dan Wajah

Pekerja bisa terkena bahaya yang bisa menciderai mata dan wajah. OSHA mewajibkan manajemen untuk memastikan mata dan wajah pekerja terproteksi dari potensi bahaya di tempat kerja dengan memakai alat pelindung mata dan wajah yang tepat. Bahaya yang bisa meneror mata dan wajah yaitu seperti partikel yang berterbangan, bahan kimia cair, logam cair, bahan kimia asam atau basa, bahan kimia menguap dan gas dan radiasi cahaya. Banyak peristiwa kecelakaan kerja yang melukai mata atau wajah akibat pekerja tidak memakai alat pelindung mata dan wajah atau memakai lewat cara yg tidak benar. Oleh karenanya manajemen perusahaan harus meyakinkan ketersediaan alat pelindung mata dan wajah yang sesuai sama bahaya yang terdapat pada semasing ruang kerja.

Salah satu yang sering jadi persoalan di dalam pemakaian alat pelindung mata yaitu untuk pekerja yang memakai kacamata positip atau negatip (kacamata resep). Banyak perusahaan yang membolehkan memakai kacamata resep tanpa ada ditambah dengan kacamata pelindung (safety). Ada pula perusahaan yang memaksa pekerja memakai kacamata safety yg tidak dapat dipakai dengan cara berbarengan dengan kacamata resep dan memaksa menanggalkan kacamata resep hingga mengganggu penglihatan sipekerja. Kedua cara itu tidak bisa dibenarkan, memakai kacamata resep tanpa ada kacamata safety yaitu beresiko karena kacamata resep bukanlah kacamata pelindung, demikian pula menanggalkan kacamata resep dan memakai kacamata safety juga membahayakan karena mengganggu penglihatan pekerja. Oleh karenanya pihak manajemen perusahaan harus sediakan kacamata pelindung yang dapat dipakai berbarengan dengan kacamata resep untuk pekerja yang membutuhkannya. Bahkan juga ada penyuplai kacamata safety yang sediakan kacamata pelindung yang dapat dikumpulkan dengan kacamata resep.

Beberapa Type Alat Pelindung Mata dan Wajah

Dalam memilih type alat pelindung mata dan wajah yang sesuai sama keperluan dan keadaan pekerja harus memperhitungkan beberapa hal berikut :

  • Kekuatan alat itu membuat perlindungan dari bahaya di tempat kerja yang khusus.
  • Keselarasan dan kenyamanan untuk dipakai.
  • Memberi pandangan yang pasti dan keleluasaan bergerak yg tidak dibatasi.
  • Tahan lama dan mudah dibersihkan.
  • Secara fungsi dapat dipakai dengan APD lain bila diperlukan, misalnya penggunaan pakaian safety, sepatu safety, helm safety dan lainnya.

Baiknya beli alat pelindung mata dan wajah dari penyuplai yang telah memiliki reputasi baik dan memiliki standard dalam penyediaan APD. Standard yang paling banyak dipakai dan direferensikan oleh OSHA yaitu standard ANSI (American National Standard Institute) dengan nomer ANSI Z87. 1-1989. Beberapa type alat pelindung mata dan wajah yaitu seperti berikut :

  • Kacamata Safety ; bahan kacamata ini memiliki kekuatan membuat perlindungan mata dengan lensa yang tahan bentrokan dan frame dari palstik atau logam. Beberapa jenis memiliki perisai samping (Saksikan gambar 1).
  • Goggles ; yaitu kacamata pelindung yang menutupi semua ruang di sekitar mata. Goggles dapat membuat perlindungan mata dari debu dan percikan bahan kimia cair. Goggles dapat juga dipakai berbarengan dengan kacamata resep karena disainnya yang semakin besar (saksikan gambar 2).
  • Perisai Pengelasan (Welding) ; biasanya di buat dari fiberglass dan diperlengkapi dengan lensa saring hingga dapat membuat perlindungan mata dari luka bakar akibat radiasi cahaya inframerah yang datang dari pengelasan, perisai ini dapat juga melindungi wajah dari percikan api dan logam panas dari pengelasan. OSHA mensyaratkan lensa filter memiliki nomer peneduh (shade number) yang dapat ditata sesuai sama radiasi cahaya ketika pengelasan (saksikan gambar 3).
  • Kacamata Pengaman Laser ; kacamata ini khsusus di buat membuat perlindungan mata dari cahaya laser. Penentuan type kacamata ini bergantung pada perlengkapan dan keadaan operasi di tempat kerja.
  • Perisai Wajah ; terbuat dari lembaran plastic transparan yang bisa menutupi semua wajah yang bisa membuat perlindungan semua wajah dari percikan atau semprotan cairan atau debu beresiko. Namun perisai wajah tidak bisa membuat perlindungan dari bahaya bentrokan dan karenanya harus dipakai berbarengan dengan kacamata safety untuk perlindungan pada benturan.

Setiap type pelindung mata dan wajah itu didesain membuat perlindungan dari bahaya dengan cara specific, oleh karenanya perlu dilakukan identifikasi bahaya sebelumnya memastikan type alat pelindung mata dan wajah yang diperlukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s