7 Kesalahan dalam K3 yang Harus Anda Hindari

Image result for 7 Kesalahan dalam K3 yang Harus Anda Hindari

Terjadinya kecelakaan kerja bisa disebabkan banyak faktor. Meskipun perusahaan telah berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah agar hal semacam itu tidak sampai terjadi, tetapi kerapkali ada kekeliruan yang dilakukan pekerja. Hingga kemudian hal yg tidak dikehendaki itu sampai terjadi.

Nah berikut ini daftar kesalahan dalam K3 yang sering dilakukan. Jangan sampai hal berikut ini terjadi di lingkungan kerja Kamu.

Jauhi Beranggapan, Pastikan Benar-Benar Aman!

Jauhi hanya bebrapa menduga bila keadaan tempat kerja aman. Pastikan memang keadaan itu betul-betul aman. Jangan pernah hanya beranggapan saja. Sebab tingkah laku sejenis ini dapat sangat beresiko untuk karyawan.

Memang lalu rutinitas ini dapat terwujud bila di dukung banyak aspek. Seperti pengalaman karyawan, training yang diikuti karyawan, tingkat pendidikan karyawan, dan budaya ditempat kerja. Oleh karena itu, perusahaan perlu berupaya agar rutinitas hanya mengira-ngira ini tidak dilanjutkan. Terlebih yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja, perusahaan dan seluruh komponennya harus benar-benar lihat, mengecek dan memeriksanya. Sebab begitu, lingkungan kerja dan bisnis Kamu dapat selamat dari bencana kecelakaan kerja.

Berikan Laporan dan Pengawasan

Setiap kecelakaan atau potensi kecelakaan yang nampak, jangan pernah dilewatkan demikian saja. Setiap karyawan miliki pekerjaan yang sama untuk melaporkannya pada bagian berkaitan agar dapat selekasnya dilakukan perlakuan. Begitu, tempat kerja dapat melakukan pelajari agar hal semacam itu tak perlu terjadi.

Langkah mencegah berikut yang sangat diperlukan. Sebab banyak kecelakaan kerja yang sebenarnya dapat dihindari. Bila aksi mencegah itu dilakukan, pasti bahaya kecelakaan dan potensi kerugian yang diakibatkan itu tidak perlu lagi dihadapi.

Ya, walau potensi bahaya itu sangat kecil, namun siapa saja tidak bisa meremehkannya. Sebab dari hal yang kecil itu, kemungkinan besar dapat jadi penyebabnya terjadinya kecelakaan kerja yg tidak dikehendaki siapa saja.

Janganlah Pakai Alat yang Salah

Kekeliruan ini dapat sering terjadi ditempat kerja. Karyawan sukai memakai alat yg tidak semestinya dipakai untuk melakukan pekerjaan itu. Mengakibatkan, potensi bahaya pun dapat nampak. Hal semacam ini dapat dijauhi bila karyawan tidak memaksakan diri untuk memakai alat yang salah. Misalnya menggunakan sepatu safety yang tidak sesuai medan kerja.

Diluar itu, termasuk juga kekeliruan kerja, bila karyawan memakai perlengkapan yang benar namun cara pemakaiannya yang salah. Oleh karena itu, karyawan harus telah di pastikan tahu benar bagaimana caranya menjalankan perlengkapan yang diperlukan. Begitu, pekerjaan dapat berjalan dengan benar.

Bukanlah itu saja, untuk meyakinkan lingkungan kerja yang lebih aman, perusahaan harus melakukan pengawasan agar perlengkapan kerja yang digunakan sesuai sama type pekerjaan, perlengkapan itu dirawat dengan baik untuk meyakinkan keamanan saat dipakai, dan pastikan juga karyawan yang memakai perlengkapan itu memang terlatih.

Tidak Terburu-Buru Saat Bekerja

Pekerjaan dilakukan tidak dengan tergesa-gesa. Hal semacam ini dapat bikin karyawan melakukan kekeliruan yang bukanlah tidak mungkin nanti dapat membahayakan karyawan. Kerjakan pekerjaan sesuai prosedur dan jauhi mengambil jalan pintas.

Memang mungkin perasaan manusia untuk mengambil cara paling mudah, namun perlu diakui kalau yang paling penting tetaplah keselamatan. Walaupun mungkin sedikit lama, namun hal semacam itu cara paling efisien untuk menanggung pekerjaan usai dengan baik, sekaligus aman untuk pekerja.

Janganlah Sampai Mabuk di Tempat Kerja

Ya, tingkah laku ini sangat beresiko. Tidak cuma untuk kesehatan pekerja, namun juga lingkungan kerja keseluruhannya. Kerugian lain yang dapat dihadapi tempat kerja bila ada karyawan yang sukai mabuk, seperti turunnya produktivitas kerja dan tingkatkan resiko kecelakaan.

Oleh karenanya, perusahaan harus memiliki ketentuan yang tegas untuk mengatur hal semacam ini. Jangan pernah tingkah laku jelek ini ditolerir yang pastinya akan merugikan perusahaan sendiri.

Buat Lingkungan Kerja yang Lebih Nyaman

Sering karyawan alami permasalahan berkaitan stres kerja. Permasalahan ini banyak dihadapi di banyak tempat kerja dan mengakibatkan kerugian yang sangat besar, baik dilihat dari sisi materi ataupun non-materi. Untuk tersebut perusahaan perlu mengambil aksi yang tepat agar karyawan tidaklah sampai stres. Langkahnya yaitu dengan bikin lingkungan kerja yang tambah nyaman dan sehat. Hingga diinginkan karyawan pun dapat lebih berbahagia saat bekerja.

Karyawan Mudah untuk Bersuara

Bagaimanapun, karyawan adalah pihak yang paling diprioritaskan dalam permasalahan K3. Oleh karenanya, perusahaan perlu bikin system agar karyawan dapat mudah untuk keluarkan pendapat ataupun bertemura. Hingga bila ada potensi bahaya yang nampak, dapat diakukan mulai sejak awal.

Ya, beberapa hal memang yang perlu diperbaiki. Bila sampai kini Kamu lihat keadaan tempat kerja Kamu ada banyak melakukan kekeliruan diatas, semestinya Kamu harus berupaya agar kekeliruan dalam K3 itu selekasnya diperbaiki dan tidak dilakukan lagi di masa yang akan datang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s