Tips Seru Backpacker Ke Dieng

Image result for dieng

Dieng merupakan objek wisata yang terletak di daerah Wonosobo Jawa Tengah. Tempat ini banyak dikujungi oleh wisatawan karena memiliki keindahan alam pegunungan dan tempat bersemayamnya beberapa Dewa. Hal semacam ini karena kita dapat temukan banyak Candi ditempat ini. Diluar itu, Dieng juga dijuluki sebagai negeri diatas awan, karena letaknya di ketinggian dan kita dapat lihat awan berada dibawah kita. Di sekitar tempat wisata ini terdapat banyak gunung. Untuk dapat liburan ke tempat ini sendirian akan tidak memerlukan biaya yang sangat banyak. Ini akan menepis kesangsian kamu ketika akan liburan sendiri ke tempat ini.

Perjalanan diawali dengan menyiapkan transportasi yang akan dipakai menuju Dieng. Untuk menuju Deng, kita harus melalui Purwokerto, Wonosobo, sampai pada akhirnya dapat merasakan Dieng. Tips Backpacer pertama yang dapat kamu kerjakan yaitu dengan memakai kereta untuk mengehemat biaya. Belilah ticket Ekonomi AC dari Pasar Senen Maksud Purwokerto. Harga tiketnya sekitar di paling murah Rp. 60, 000. Meskipun ekonomi, tetapi kamu tak perlu cemas karena kebersihannya telah terbangun dan sangat nyaman karena telah terdapat Kipas Angin. Toilet nya pun telah terbangun kebersihannya, hingga kamu tak perlu lagi cemas dengan kenyamanannya. Untuk menuju Purwokerto, kamu akan meniti perjalanan sekitar 6 jam dari Jakarta. Karenanya, upayakan lah untuk mengambil kereta saat malam hari hingga dapat tiba di Purwokerto saat pagi hari. Setelah tiba di Purwokerto, kamu dapat istirahat makan sebentar. Kamu dapat coba Soto sebagai kuliner khas yang dapat diketemukan di dekat stasiun. Setelah perut terasa kenyang dan stamina sudah sembuh kembali, kamu meneruskan perjalanan dengan memakai angkot ke terminal wonosobo. Tarif angkotnya sangat murah yaitu sekitar Rp. 3, 000. Kamu akan meniti perjalanan selama lebih kurang 15 menit sebelumnya pada akhirnya tiba di terminal. Saat tiba di Terminal, kamu tinggal memilih naik bus AC atau NonAC ke Wonosobo bergantung tingkat kenyaman kamu. Bila kamu memilih bus NonAC, tarif yang dipakai hanya Rp. 20, 000. Perjalanan dari Purwokerto menuju Wonosobo memerlukan waktu perjalanan selama lebih kurang 3 jam.

Pusatkan diri Kamu untuk mencari akomodasi murah, tempat bermalam ekonomis dan lokasi wisata yang terjangkau. Penelitian pastinya jadi hal penting sebelum berencana berlibur. Jangan sangsi untuk ajukan pertanyaan pada beberapa rekan-rekan Kamu yang telah sering traveling ke beragam tempat. Anda dapat juga mencari info lewat website perjalanan, seperti Guide Jakarta Indonesia.

Saat tiba di Wonosobo, kamu mencari bus ¾ jurusan Dieng. Untuk tarif bus NonAC yaitu Rp. 10, 000. Dalam bus ini kamu akan berdesak desak dengan adanya banyak orang, karena kendaraan ini tidak pernah sepi setiap harinya. Tetapi, kamu tak perlu cemas karena penderitaan kamu akan tidak lama berjalan. Hanya 1, 5 jam perjalanan, kamu telah dapat tiba di Dieng. Saat berada di Dieng, kamu akan disuguhi dengan kemegahan Candi Arjuna sebagai alasan mengapa Dieng dikatakan sebagai negeri Beberapa Dewa. Bila datang saat weekdays, kamu akan leluasa berfoto dengan latar candi ini tanpa ada diganggu banyaknya wisatawan yang terkadang berebut berfoto juga ditempat ini. Diluar itu, kamu pun dapat bebas tiduran di rumpuh hijau Candi ini. Saat sore hari janganlah lupa jalan jalan di sekitar lokasi ini sembari mencari kuliner khasnya. Mie Onglok dan Kentang Goreng adalah kuliner khas yang sering diburu wisatawan saat bertandang ke tempat ini. Setelah senang nikmati santapan kuliner khas itu, kamu dapat mencari penginapan di sekitar tempat wisata ini. Sebagai rujukan, kamu dapat memilih bermalam di Penginapan Lesari dengan biaya per malamnya hanya Rp. 50, 000 per orang.

Agenda yang dapat kamu kerjakan esok harinya yaitu hunting sunset di best point yaitu Bukit Sikunir. Tempatnya yang berada di ketinggian akan bikin kamu memperoleh sunset yang sangat indah dengan semburat cahaya yang dihiasi jejeran pegunungan. Dari penginapan untuk menuju tempat ini, kamu dapat memakai ojek dengan tarif saat weekday Rp. 50, 000 /hari. Sesaat saat weekend, kamu akan dikenai charge sebesar Rp. 75, 000 – Rp. 125, 000. Dari tempat ini, kamu dapat berkunjung ke tempat wisata setelah itu yaitu Telaga Warna. Alasan mengapa telaga ini dinamakan Telaga Warna karena airnya memiliki warna hijau Toscha. Setelah senang berkeliling, kamu dapat nikmati lantunan lagu dari beberapa seniman di sekitar tempat wisata ini. Atraksi ini pun sering menarik perhatian wisatawan asing. Seperti seperti melihat pertunjukkan Broadway di Luar Negeri. Tempat wisata paling akhir yang dapat kamu kunjungi yaitu Kawah Sikidang. Panorama yang kamu akan peroleh di sini yaitu tempat tandus dengan kepulan asap yang menghiasiya. Hal semacam ini karena kawah ini adalah kawah Vulkanik yang masihlah aktif, nyaris serupa dengan kawah Putih di Jawa Barat.

Setelah semua aktivitas wisata usai dilakukan, kamu dapat pulang ke Jakarta kembali dengan rute dan transportasi yang sama. Hingga biaya yang akan kamu mengeluarkan pun akan sama juga dengan ketika datang bertandang. Selamat mempraktekkannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s