Panduan Traveling Aman dan Nyaman di Negeri Orang

Gerelateerde afbeelding

Sedang berencana berlibur ke luar negeri? Baiknya jangan hanya memikirkan masalah akomodasi, transportasi dan logistik saja, travelers. Anda juga harus menghadapi keamanan sejak dini agar anda bisa menikmati liburan dengan nyaman dan tenang.

Karenanya, kami telah merangkum beberapa hal yang perlu anda buat persiapan atau kerjakan agar tetaplah aman saat berlibur ke luar negeri.

Berikanlah salinan itinerary anda pada keluarga atau rekan dekat

Sebaiknya anda kirim e-mail atau memberi copy itinerary anda selama berlibur pada keluarga atau sahabat sebelumnya pergi. Selain bikin keluarga anda tenang karena tak perlu menelepon sehari-hari untuk bertanya berita, keamanan anda juga lebih terjamin karena beberapa orang paling dekat dapat dengan cepat melakukan tindakan bila sampai terjadi suatu hal pada diri anda.

Pisahkan uang kamu

Janganlah taruh kartu credit dan uang tunai ditempat yang sama. Taruh beberapa uang tunai anda di dompet dan taruh beberapa yang lain ditempat lain yang aman. Kartu credit anda dapat juga ditempatkan ditempat tidak sama hingga meminimalkan resiko bila anda kehilangan salah satu dompet atau kantong penyimpanan.

Scan paspor dan dokumen penting

Kehilangan dokumen-dokumen penting akan bikin berlibur anda seperti mimpi jelek. Namun, bila anda bikin copy dari dokumen itu sebelumnya pergi berlibur, sekurang-kurangnya anda dapat mempercepat sistem pergantian dokumen. Sebaiknya menaruh soft copy dokumen-dokumen itu dengan cara on-line, hingga (bila anda demikian asal-asalan dan menyingkirkan salinannya) anda masihlah dapat memercayakan internet untuk mencetaknya.

Sediakan asuransi perjalanan

Kecelakaan atau keadaan sakit dapat terjadi dimanapun, dan tidak semua asuransi pribadi dapat meng-cover biaya medis diluar negeri. Bila anda merencanakan melancong untuk waktu yang cukup lama, sebaiknya anda mencari info komplit sekitar asuransi perjalanan yang pas untuk keperluan dan bujet anda. Jakarta local guide merupakan solusi untuk anda yang ingin pergi berlibur dengan mudah. Karena hampir di seluruh daerah terhubung dengan Private tour Guide in Jakarta.

Tekuni budaya dan etika setempat

Setiap negara miliki budaya dan etika sendiri. Walau untuk anda ‘bermain-main’ dengan bayi orang yg tidak di kenal di jalan yaitu hal normal, tidak sekian untuk beberapa orang asing seperti warga Amerika Serikat atau Eropa yang populer lebih melindungi privacy. Atau memakai baju terbuka saat jalan-jalan di negara Timur Tengah. Tekuni dahulu kebudayaan negara yang akan anda datangi agar anda tidak menyinggung orang-orang setempat.

Janganlah melalui jalan pintas

Walau anda mulai nyaman di negara tempat anda liburan, janganlah ‘sok tahu’ dan mencari jalan pintas untuk memotong waktu. Untuk keamanan anda sendiri, lebih baik tetaplah berada di jalur yang telah di ketahui dan ramai dilewati orang.

Taruh beberapa nomer telephone darurat

Janganlah lupa untuk mencari tahu beberapa nomer telephone yang dapat dihubungi ketika kondisi darurat seperti : kantor kedutaan paling dekat, kantor polisi atau pemadam kebakaran, tempat tinggal sakit atau klinik paling dekat, keluarga atau kerabat (bila ada).

Jagalah kesehatan

Bila anda memiliki obat resep khusus yang perlu dikonsumsi, pastikan obat itu termasuk legal di negara maksud anda. Anda dapat juga mendatangi tempat tinggal sakit untuk memperoleh suntikan khusus bila negara maksud anda menyarankannya.

Janganlah membelai hewan liar

Meskipun anda seseorang penggemar binatang, namun baiknya anda menahan diri tidak untuk membelai-belai hewan liar di negara lain. Walau berkesan remeh, namun hal semacam ini mungkin membahayakan keselamatan anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s