Penyebab Utama Mesin Boros Bahan Bakar

Related image

Beberapa besar beberapa yang memiliki kendaraan tentu inginkan mobilnya hemat bahan bakar. Meski sekian, walau mobil yang dipunyai telah mengambil tehnologi mutakhir, tidak akan berguna bila cara berkendaranya salah.

Selain tingkah laku mengemudi yang salah, komponen mesin yang punya masalah juga ikut memberi andil yang cukup besar jadikan mobil boros bahan bakar minyak (BBM). Lalu seperti apa permasalahannya? Bagaimana caranya mengatasinya? Berikut penuturannya :

1. Kepala dan sumbu busi terlalu renggang

Apabila sumbu -bagian yang melengkung diatas sumbu atau kepala busi- dengan ujung kepala busi terlalu renggang, akan jadikan percikan api yang dipakai membakar kombinasi BBM dan hawa di mesin juga kecil. Mengakibatkan sistem pembakaran tidak prima.

Banyak diantara BBM yang disemburkan injektor atau disuplai karburator akan terbuang sia-sia. Untuk mengatasinya, atur lagi tingkat kerenggangan itu sesuai sama standard yang diputuskan pabrikan. Biasanya tingkat kerenggangan itu 0, 8-1 milimeter.

Usahakan tingkat kerenggangan itu tepat atau sesuai sama ukuran itu. Sebab, apabila terlalu renggang, api yang dibuat terlalu kecil hingga pembakaran tidak prima.  Penyusunan tingkat kerenggangan itu sangat dianjurkan apabila mobil sudah meniti jarak 25 – 30 ribu km.

2. Setelan karburator atau injektor bermasalah

Biasanya setelah mobil berumur lima th. atau lebih karburator atau injektor akan alami permasalahan. Kwalitas bahan bakar yang kurang bagus, cara berkendara yang sering mencapai pedal gas dalam dengan cara berulang, yaitu beberapa diantara pemicunya.

Maka itu, walau kerja injektor sudah ditata oleh perangkat bernama Electronic Control Unit (ECU) atau computer mobil, tetapi sebaiknya sudah dilakukan penyetelan lagi.

Apabila Kamu ingin tahu keadaan injektor mobil Kamu, dapat dilakukan kontrol dengan memakai perlengkapan mutakhir. Beberapa bengkel besar sudah sediakan perlengkapan itu. Mengenai untuk mobil yang memakai karburator, pastikan BBM yang ada di tabung karburator volumenya sesuai sama ukuran. Menyetel lagi ulang klep dan jarum perangkat itu adalah langkah yang bijaksana manfaat menghadapi agar mobil tidak boros BBM. Hanya dengan memilih perjalanan paket wisata jakarta tourism guide, anda akan menemukan berbagai kemudahan saat berlibur bersama keluarga atau orang terkasih.

3. Posisi klep mesin berubah

Klep di mesin, manfaatnya seperti pintu di sebuah gerbang. Hingga pintu sudah rusak maka arus keluar masuk dapat juga tidak termonitor. Oleh karenanya, untuk yang memiliki mobil yang sudah berumur lima th. ke atas atau mobil baru yang dapat dibuktikan boros bahan bakar untuk mengecek perangkat itu.

Atur lagi posisi klep. Sebab, apabila terlalu rapat maka mobil akan boros BBM, sebab klep akan terbuka lebar saat pengemudi mencapai pedal gas dalam-dalam. Tetapi, sebaliknya apabila terlalu renggang mesin mobil akan bertemura berisik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s