Tips Memilih Sepatu Secara Tepat

Sepatu masa kini makin beragam, mulai dari hak yang makin tinggi, makin lebar dan dalam berbagai bentuk. Meskipun indah di mata tetapi nyatanya sepatu-sepatu ini dapat memberikan Anda bahaya kesehatan yang tidak simple pada daerah kaki sampai pinggang dan panggul. Sebelum menyimak jenis sepatu yang sebaiknya Anda pakai, mari kita simak sejenak tentang beberapa jenis sepatu yang ada di pasaran dan konsekwensi kesehatannya.

1. Sepatu dengan hak lebih dari 2, 5 cm
Sepatu dengan hak yang menengah sampai tinggi, diatas 2, 5 cm dapat mengakibatkan lecet dan bengkak di bagian belakang tumit kaki. Selain itu juga, pada jangka panjang dapat terjadi peradangan pada jaringan ikat tulang dan pada jaringan tendon Achilles dan pembentukan tulang baru pada daerah tumit belakang. Semua ini dapat mengakibatkan keluhan nyeri.

Sepatu dengan hak terlalu tinggi juga mengakibatkan posisi kaki yang tidak benar hingga meningkatkan resiko terjadinya peradangan antar tulang-tulang kecil penyusun kaki, gangguan persarafan di sekitar kaki dan bahkan dapat mengakibatkan retak pada tulang-tulang kecil penyusun kaki.

Bahaya terkilir seringkali mengintai para wanita yang memakai sepatu berhak terlalu tinggi. Keseimbangan berjalan sering terganggu hingga dapat mengakibatkan terkilir sampai robeknya jaringan ikat penyambung tulang (ligamen). Retaknya tulang tumit juga sering terjadi.

Apa yang bisa Anda lakukan bila harus memakai sepatu stiletto? Berikut kiatnya :

2. Sepatu Stiletto

Banyak wanita tentu memuja-muja sepatu stiletto, sepatu dengan hak tinggi, tajam dan runcing yang membuat kaki terlihat ramping. Tetapi bahaya untuk pemakainya tidak sedikit.

Gangguan keseimbangan berjalan dapat mengakibatkan terkilir, robeknya ligament dan retak tulang tumit. Resiko terjadinya osteoartritis juga makin meningkat.

Apakah sepatu datar baik untuk kesehatan? Belum tentu, simak berikut ini penjelasannya :

3. Sepatu Datar (Flat Shoes)

Sepatu datar bak balerina juga seringkali jadi suatu barang yang wajib dimiliki dalam koleksi para wanita masa kini.

Tetapi, seringkali sepatu jenis ini hadir dengan dasar alas kaki yang yang kurang sesuai dengan lengkungan telapak kaki hingga dapat mengakibatkan nyeri lutut, pinggang dan punggung.

Selain itu resiko terjadinya peradangan (plantar fasciitis) pada lapisan jaringan ikat yang membungkus otot-otot di daerah telapak kaki (fascia plantar) juga meningkat.

Dengan demikian, bila Anda tertarik untuk membeli flat shoes, pastikan terlebih dulu alas kaki yang ada mumpuni menampung bentuk profil lengkung telapak kaki Anda.

Atau bila Anda terlanjur memiliki flat shoes yang kurang mendukung bentuk lengkung kaki, maka Anda dapat menambahkan produk alas kaki tambahan yang ergonomis, yang sudah banyak hadir di pasaran akhir-akhir ini.

Dengan demikian, potensi cedera kaki dapat terhindari, dan kesehatan kaki pun terjaga.

Lalu bagaimana dengan sendal jepit? Apakah ada resiko kesehatannya? Berikut penjelasannya :

4. Sendal Jepit

Sama seperti dengan sepatu datar, sandal jepit tidak memberikan sokongan yang baik terhadai lengkungan telapak kaki. Selain itu, minimnya perlindungan pada kaki, mengakibatkan penggunaan sandal jepit dapat membuat kaki pemakainya mudah terluka. Resiko plantar fasciitis juga meningkat karena meningkatnya tegangan pada fascia plantar.

Tahukah Anda dengan sepatu tipe wedges (wedges shoes)? Tahukah Anda kalau wedges juga memiliki resiko konsekwensi cedera juga? Berikut penjelasannya :

5. Platform and Wedges Shoes

Hak pada beberapa jenis sepatu ini sangat tebal dan lebar. Hal ini membuat mekanisme berjalan dapat terganggu. Kesulitan berjalan terganggu karena berat dan tebalnya hak sehingga dapat mengakibatkan terkilir. Selain itu tingginya hak juga dapat mengakibatkan masalah yang sama seperti sepatu hak tinggi lainnya.

Berikut ini adalah strategi memakai sepatu berujung lancip :

6. Sepatu Berujung Lancip

Sepatu dengan ujung lancip memang termasuk trend masa kini, tetapi bagian yang lancip itu malah dapat mengakibatkan tidak adanya ruang yang leluasa untuk ujung-ujung jari. Ujung-ujung jari terhimpit dibagian depan sehingga dalam beberapa tahun ke depan dapat mengakibatkan nyeri saraf, bunion, lecet dan perubahan bentuk jari-jari kaki (jadi bengkok, tidak lurus).

Bunion. Perubahan bentuk jari kaki karena penggunaan sepatu yang kurang baik dalam jangka lama.
Sudah tepatkah ukuran sepatu Anda? Berikut ini kiat memastikannya dan solusinya :

7. Sepatu dengan Salah Ukuran

Biasanya wanita akan memilih ukuran sepatu yang satu ukuran lebih kecil agar kakinya terlihat indah. Tetapi, ini dapat mengakibatkan kaki para wanita itu jadi tidak indah setelah melepas sepatunya. Lecet, kapalan, mata ikan, bagian-bagian kaki dengan kulit yang mengeras dan bersisik, terbentuknya bunion dan peradangan pada sendi-sendi tulang penyusun kaki.

Jadi, sudahkan Anda memilih sepatu yang tepat untuk kaki Anda? Siapa bilang cantik itu tidak bisa sehat? Sepatu cantik bisa sehat dan sepatu sehat juga bisa cantik, hanya perlu lebih cermat dalam memilah-milih dan mengatur jadwal pemakaian sepatu Anda. Demikian dan selamat mencoba. Untuk yang kebetulan sedang memerlukan sepatu baru, pastikan anda hanya membeli di toko safety shoes di palembang, karena ada beragam sepatu safety berkwalitas yang di tawarkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s