Tips Perawatan Sepatu Berbahan Rajut

Kalau dahulu sepatu rajut identik dengan sepatu bayi, saat ini hal itu tidak berlaku lagi. Sepatu terbuat dari rajut kini banyak dipakai anak kecil sampai remaja terlebih remaja putri. Bahkan tidak sedikit ibu-ibu muda juga menyenangi sepatu berbahan rajut ini. Rona begitu latif dan variasi sepatu beraneka ragam, membuat sepatu ini jadi salah satu sepatu yang di cari di pasaran. Tidak heran bila banyak orang yang berburu sepatu jenis ini.

Sandal rajut juga ada. Bila hanya ingin terkesan ada rajutan, penjual juga bersedia membuat bentuk kembang atau bentuk apapun yang terbuat dari rajutan lalu dijahitkan pada sepatu atau sandal. Bila buat tas, rajutan sudah lama jadi salah satu trend dan begitu digemari. Kini dengan hadirnya sepatu dengan teknik rajutan, para konsumen jadi banyak pilihan. Harga yang di tawarkan cukup beragam tergantung pada banyaknya rajutan dan kerumitan pembuatannya.

Merajut itu sangat mengasyikkan. Bahkan seni merajut ini jadi salah satu terapi untuk anak-anak penyandang autis atau anak-anak dengan kebutuhan khusus lainnya terutama yang kesulitan untuk berkonsentrasi. Bila kini rajutan dalam bentuk apa pun jadi booming, hal ini merupakan salah satu harapan dari para pengrajin rajutan. Tidak ada lagi istilah kalau hanya nenek-nenek yang dapat merajut. Kaum Adam juga banyak yang mempelajari rajutan.

Merajut itu sangat unik dan banyak barang yang dapat di buat dari rajutan. Sweater, baju biasa maupun mainan jilbab, semua dapat terbuat dari rajutan. Memang agak berbeda bila rajutan ini jadikan sepatu. Pasti ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan bila sedang mengenakan sepatu yang terbuat dari rajutan ini. Bila tidak waspada, rajutannya dapat putus. Sepatu jenis ini tentunya bukan untuk dipakai dalam pendakian gunung atau dipakai di daerah banjir.

Meskipun demikian, memakai sepatu jenis ini sudah pasti tetap mengasyikkan sebab memperindah bentuk kaki. Rona yang dapat dipadukan dengan berbagai bahan lain, membuat sepatu jenis ini sangat menarik dan unik. Tentu saja penyesuaian acara dan loka memakainya sangat krusial agar keindahannya tidak hilang.

Cara dan Gaya Sepatu dari Rajutan

Berbeda dengan fungsi sepatu biasanya, sepatu yang terbuat dari rajut dipakai bukan untuk melindungi kaki di jalan. Sepatu jenis ini lebih cocok dipakai dirumah sebagai alas kaki untuk menghangatkan. Sepatu ini berfungsi seperti sandal rumah atau sandal hotel yang terbuat dari bahan kain atau busa tipis. Pemakaian yang terbatas tidak mengurangi para peminatnya untuk membeli atau bahkan mengoleksinya. Keunikan itu yang membuat orang bahagia mengenakannya.

Sepatu yang terbuat dari rajutan juga hadir dengan warna-warni menarik, karenanya penggemarnya pun semakin banyak. Untuk yang dapat merajut, pasti tidak masalah membuat sepatu sendiri. Banyak buku atau sumber di internet yang memberikan pola rajut untuk membuat sepatu jenis ini. Yang diperlukan ialah ketekunan dan rasa bahagia merajut. Isi waktu senggang dengan merajut pasti sangat mengasyikkan.

Apabila tidak ada acara lain yang lebih menarik, sambil menunggu bis atau sambil menunggu jam pelajaran selanjutnya, keluarkan peralatan merajut pasti akan menarik perhatian orang-orag sekitar. Inilah salah satu tehnik memasarkan bahan rajutan yang sudah jadi. Tehnik ini akan mendatangkan bisnis lainnya, yaitu memberikan kursus merajut. Jikalau tidak mau menarik bayaran, mengajarkannya pada orang lain pun akan bermanfaat.

Untuk Anda yang ingin memiliki sepatu terbuat dari rajut tetapi tidak bisa merajut, tak perlu cemas. Anda dapat memesan dari rekan atau orang lain yang dapat merajut. Anda juga bisa beli secara online pada beberapa website yang melayani penjualan sepatu seperti ini. Rasanya mungkin akan berbeda apabila datang langsung ke lokasi penjualannya dan dapat merasakan keunikannya. Selain sepatu, di loka penjualan aneka barang rajutan itu akan ditemukan barang lain nan tidak kalah indahnya.

Perawatan Sepatu dari Rajutan

Karena tidak dipakai berjalan diluar, bukan berarti Anda bisa mengabaikan perawatan sepatu yang terbuat dari rajutan ini. Permukaan lantai yang berdebu bisa membuat alas sepatu cenderung cepat kotor. Karenanya bersihkan sepatu secara teratur. Jangan pakai sikat sebab bisa merusak permukaan benang rajutnya. Kilau rona dapat hilang bila tidak dirawat.

Baiknya rendam sepatu rajut itu terlebih dulu dalam larutan sabun yang cukup untuk membantu divestasi kotoran. Kemudian bersihkan dengan menggosok lembut sepatu rajut. Baiknya Anda tidak memakai mesin pencuci sebab bisa merusak benang rajut sepatu. Jemur sampai kering. Jangan membiasakan memakai sepatu dari rajutan yang masih basah sebab dapat jadi media pertumbuhan jamur. Kemungkinan yang diakibatkan ialah bisa menimbulkan bau pada kaki.

Karena selalu bergesekan dengan permukaan lantai, alas sepatu rajut biasanya cenderung akan lebih mudah aus. Karenanya bila Anda merajut sepatu, pilih benang yang kuat dan tidak mudah aus. Demikian juga ketika beli sepatu berbahan rajut lainnya. Pilih sepatu rajut yang terbuat dari benang yang kuat. Jangan memilih sepatu dengan rajut yang terbuat dari kain wol biasa.

Banyak ibu-ibu hamil yang sambil menantikan kelahiran bayinya membuat rajutan peralatan bayi di sela-sela aktivitas lainnya. Mereka membuat beragam bentuk seperti pakaian, sepatu, topi, baju hangat, dan lain sebagainya. Penggemar keterampilan merajut tidak hanya ibu-ibu saja. Banyak remaja bahkan lelaki yang juga menyukai keterampilan ini. Bentuk yang mereka buat biasanya lebih beragam seperti bando, gelang, syal, ikat kepala, dan sebagainya.

Hasil keterampilan merajut selain untuk dipakai sendiri, adapula yang di buat sebagai hadiah untuk rekan dan saudara. Bahkan tidak sedikit yang jadikan keterampilan ini sebagai sumber pendapatan. Mereka tawarkan beragam hasil kerajinan tangan rajutan baik secara langsung ataupun melalui media online.

Banyak orang yang menyenangi seni merajut sebab tidak memerlukan banyak peralatan seperti membuat benda seni lainnya. Merajut hanya memerlukan jarum panjang sebagai alat bantu dan benang. Selebihnya ialah kretifitas membentuk pola rajutan dari benang itu. Merajut juga dapat melatih kesabaran. Dapat Anda pikirkan dari helaian benang bisa membuat beragam jenis benda seni yang latif dan bernilai tinggi. Selain sepatu rajut, Anda juga bisa memakai sepatu safety sebagai referensi sepatu keamanan saat bekerja ataupun berkendara, modelnya banyak yang kasual di alamat toko sepatu safety di palembang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s